Agen Perubahan: Wujud Komitmen Perubahan Pelayanan Publik
Kemajuan teknologi di era saat ini menuntut perubahan pelayanan publik. Dahulu pelayanan publik dilakukan secara manual, namun sekarang pelayanan publik sudah dilakukan secara digital menyesuaikan perkembangan teknologi melalui berbagai inovasi agar pelayanan semakin cepat, mudah, dan transparan.
Oleh karena itu, penyelenggara pelayanan publik harus mengubah pola dan budaya kerja menjadi adaptif terhadap perkembangan zaman.
Dalam rangka memperbaiki kualitas layanan, tahun 2024 BSIP Aneka Kacang membentuk tim agen perubahan menuju langkah digitalisasi. Ketua Tim Agen Perubahan BSIP Aneka Kacang, Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom., memaparkan progres capaian pengembangan aplikasi operasional layanan internal berupa peminjaman dan pelaporan kerusakan prasana dan sarana, permohonan ijin, penilaian kinerja karyawan non PNS, deskripsi varietas aneka kacang, serta pembuatan aplikasi berbasis web untuk layanan ekstenal Sistem Informasi Layanan Laboratorium (SI LABOR) pada Senin, 6 Mei 2024, di Aula BSIP Aneka Kacang.
Diharapkan aplikasi ini dapat segera diterapkan sehingga memungkinkan pengguna layanan dapat mengakses layanan dengan cepat dan mudah. — Ria Gustina Fitraninda